Selamat Datang Di Website Resmi Desa Donorejo                            CoolMari Dukung Transparansi Anggaran Pengelolaan Dana Desa 2018Cool CIPTAKAN KONDISI AMAN DAN DAMAI MENJELANG PEMILU 2019

 

 
 

Mencari Secercah Harapan Dalam Mina Padi

Administrator 09 Oktober 2018 11:28:16 WIB

Mina Padi Dan Jajar Legowo merupakaan beberapa progran atau inovasi dalam bidang pertanian yang bisa diaplikasikan secara bersama dan bisa meningkatkan produksi dan pendapatan Petani. Mina padi sendiri merupakan teknik budidaya ikan air tawar di lahan persawahan dengan membuat kolam pada lokasi persawahan. Sedangkan Jajar Legowo sendiri merupakan salah satu sistem penanaman padi di Indonesia yang pada intinya dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman. Sistem ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil padi dibanding dengan penggunaan sistem tradisional.

Tahun 2018 merupakan tahun perdana untuk penggalakan salah satu program dari GAPOKTAN SUMBER REJEKI  Desa Donorejo yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Donorejo Tahun Anggaran 2018 dalam bidang Pemberdayaan. Dengan inovasi yang digagas oleh GAPOKTAN di Desa Donorejo diharapkan mampu untuk meningkatkan produktivitas Lahan yang ada di Desa Donorejo.

Produktivitas lahan persawahan untuk tanaman padi di Desa Donorejo pada umumnya 4-5 ton/ha, untuk produksi normal dengan teknik budidaya yang konvensional. Masyarakat khususnya petani masih beranggapan bahwa dengan menggunakan teknik Jajar Legowo Produksi Tanaman akan turun karena jumlah tanaman akan berkurang dan banyak ruang di areal persawahan tidak tertanami. Paradigma tersebut mulai diubah dengan melakukan percontohan atau demplot pada beberapa lokasi persawahan yang ada di Desa Donorejo.

Guna menarik minat petani untuk melakukan Demplot Padi dengan Teknik Jajar Legowo dan MIna padi, maka diberikan beberapa Bantuan Operasional untuk menunjang kegiatan Budidaya Tanaman Padi. Jenis bantuan tersebut diantaranya :

- Bantuan Benih Padi Hibrida 1 Kg/1.000m

- Benih Ikan Nila 10 Kg/1.000m

- Bantuan Biaya Olah lahan Rp. 125.000/1.000m

- Bantuan Pestisida menyesuaikan dengan kondisi

Beberapa bantuan tersebut diberikan secara GRATIS tanpa pengembalian, dengan pemberian Bantuan tersebut minat masyarakat terhadap program yang dijalankan akan berjalan dengan baik. 

Target produksi untuk tanaman padi pada Program ini yaitu 7-8ton/ha. Bagi petani yang mencapai target tersebut akan diberikan penghargaan dan pembinaan lebih lanjut agar petani tersebut dapat menjadi petani yang mandiri. Yaitu petani yang mampu Self Helping atau menolong dirinya sendiri dalam budidaya tanaman dan dapat menjadi pionir petani militan yang bisa mempengaruhi petani yang lain sehingga kemakmuran petani dapat tercapai dan pendapatan petani juga akan meningkat

Komentar atas Mencari Secercah Harapan Dalam Mina Padi

G 09 Oktober 2018 12:58:41 WIB
keren ...

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Keuangan Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Kepala Seksi Kemasyarakatan Kepala Seksi Pemerintahan Kepala Seksi Pelayanan Kepala Dusun Sambung Kepala Dusun Kambengan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Donorejo

tampilkan dalam peta lebih besar