Jelajah
IMG-LOGO

Strategi Branding Melalui Media Sosial: Mahasiswa KKN Tim II Undip Bantu UMKM Pawon Mbok Prih Tingkatkan Jangkauan Pasar

Create By 07 August 2024 103 Views

Strategi Branding Melalui Media Sosial: Mahasiswa KKN Tim II Undip Bantu UMKM Pawon Mbok Prih Tingkatkan Jangkauan Pasar

 

Desa Donorejo, 7 Agustus 2024 – Ferra Fransisca, mahasiswa dari Program Studi Agribisnis, Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN Tim II Undip tahun 2023/2024 telah melaksanakan program kerja bertajuk "Branding Produk melalui Pemanfaatan Media Sosial bagi UMKM Pawon Mbok Prih". Kegiatan ini berlangsung di lokasi UMKM Pawon Mbok Prih di Dusun Kambengan RT 3 RW 2, Desa Donorejo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

 

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan pelaku UMKM setempat dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat branding produk. UMKM Pawon Mbok Prih yang terkenal dengan produk olahan makanan berupa jajanan tradisional merupakan sasaran dalam kegiatan ini.

 

Dalam sesi yang berlangsung selama beberapa jam ini, Ferra memberikan pemaparan mengenai pentingnya branding dalam bisnis terutama bagi UMKM yang ingin bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat. Ia juga menjelaskan berbagai strategi branding yang efektif, mulai dari pemilihan media sosial, waktu mengunggah postingan, hingga penyampaian pesan yang konsisten kepada konsumen.

 

Selain itu, Ferra memberikan tutorial praktis tentang bagaimana memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan  Facebook untuk mempromosikan produk. Ia mengajarkan cara membuat konten, membuat postingan menarik, serta cara berinteraksi dengan calon pelanggan melalui komentar dan pesan langsung.

 

Pemilik UMKM Pawon Mbok Prih tampak antusias mengikuti sesi pemaparan materi. Beliau diajak untuk mempraktekkan langsung cara membuat postingan di media sosial. Ferra juga memberikan tips tentang waktu terbaik untuk mengunggah konten yang dibuat.

 

“Melalui media sosial, kami berharap produk-produk dari Pawon Mbok Prih bisa lebih dikenal luas, tidak hanya di sekitar Desa Donorejo, tapi juga di luar wilayah ini. Kami akan coba terapkan ilmu yang didapat hari ini untuk mengembangkan usaha kami," ungkap pemilik UMKM Pawon Mbok Prih.

 

Program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata mahasiswa KKN dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM. Pengetahuan yang telah diberikan diharapkan dapat membantu UMKM Pawon Mbok Prih terus berkembang dan bersaing di era digital yang semakin kompetitif.

 

Oleh Ferra Fransisca
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2024