Jelajah
IMG-LOGO

Sejarah Desa

Create By 26 August 2016 6 Views

Pada jaman dahulu desa Donorejo masih berupa hutan belantara, dan pada suatu ketika datanglah dua orang pelarian dari kerajaan Mataram Hindu dari daerah Yogyakarta yang bernama mbah Bodong dan mbah Merjono, dua orang tersebut mengembara dalam rangka memenuhi janji yang akan mereka berikan kepada raja untuk mencarikan dan atau upeti yang harus diberikan kepada pemerintah kerajaan. Dalam pengembaraannya dua orang tersebut telah berhasil mengumpulkan harta benda yang akan dijadikan upeti, namun dari kedua orang tersebut terjadi perselisihan sehingga apa yang menjadi tujuannya menjadi berantakan dan tidak kesampaian untuk memberikan dana bagi pemerintahan kerajaan, bahkan smapai akhirnya ajal menjemputnya mereka tidak berhasil memberikan dana atau upeti bagi kerajaan.

Hingga pada masa berikutnya, yaitu pada masa kerajaan Islam datanglah seorang penyiar gama Islam dari daerah Demak yang masih keturunan para wali penyiar agama Islam di tanah Jawa yang bernama H Samsudin yang mengembara sampai ke desa tempat mbah Bodong dan mbah Merjono singgah. Dengan mengetahui sejarah yang ada mengenai cita-cita kedua pengembara dari kerajaan Mataram Hindu tersebut maka pembukaan yang masih berupa hutan dilanjutkan perkembangannya oleh H. Samsudin sehingga agama Islam mulai berkembang di desa tersebut. Dan untuk menghormati kedua orang pendahulu yang telah pertama kali masuk di sini dan juga melihat tujuan serta cita-cita dari kedua orang tersebut yang berusaha mencari dana untuk kerajaan maka akhirnya oleh H. Samsudintempat tersebut dinamakan Dana Raja.

Dan pada perkembangan selanjutnya, nama Dana Raja berubah menjadi Donorejo, yang secara harafiah bisa diartikan sama dengan nama sebelumnya yakni Dana Raja

IMG
IMG
IMG